Rabu, 22 Agustus 2012

Jadwalkan Rencanamu

Setiap keluarga tentu memiliki rencana kegiatan, misalnya berwisata pada liburan kenaikan kelas kakak, atau rencana ayah membelikan sepeda baru adik jika bisa juara 1 saat kenaikan kelas 3 nanti.

Wah! siapa yg tidak senang diajak berwisata! Siapa pula yg tidak suka dibelikan sepeda baru! Mau dong! Mau!

Dari dua contoh di atas tampak ternyata rencana kita (yg berifat positif tentunya) bisa memberikan satu semangat baru, meskipun toh belum dilaksanakan. Apalagi jika nanti telah dilaksanakan, tentunya benar-benar memberi dampak positif terutama untuk memperbarui semangat.

Ketika kita tahu betapa rencana mampu memberikan kita semangat, maka hendaknya kita berkomitmen kuat untuk melaksanakannya. Salah satu cara yg dapat kita lakukan adalah menjadwalkannya.

Membuat jadwal mampu mempengaruhi psikologi kita untuk berkomitmen melaksanakannya. Beda jauh kekuatan komitmen tersebut manakala kita hanya mengucapkannya.

Ayah dan ibu, buatlah jadwal atas tiap rencana kegiatan keluarga dalam sebulan lantas tempelkan di ruang keluarga atau tempat lainnya yg bisa dilihat seluruh anggota keluarga. Tujuannya agar dapat saling mengingatkan.

Maka ketika kita telah menjadwalkan rencana, berarti kita telah merencanakan suatu semangat baru. Manakala kita benar-benar melaksanakannya, itu artinya kita telah memberikan semangat baru untuk kesuksesan tiap aktivitas kita.

Maka, menjadwalkan rencana sama artinya dengan menjadwalkan kesuksesan kita.

1 komentar: