Sabtu, 25 Agustus 2012

Pemasaran Efektif

Pemasaran bukanlah proses jualan dan iklan semata, namun paradigma pemasaran kini telah berubah menjadi serangkaian upaya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Simpel saja, ketika telah memuaskan hasrat pelanggan berarti kita telah melakukan pemasaran yang baik dan tentunya kita telah menjawab kebutuhan pasar yang senantiasa berkembang dan berubah.

Berikut adalah beberapa kiat memuaskan pelanggan:

1. Pahami kebutuhan
2. Kembangkan produk yang memberi nilai superior (bermanfaat sekaligus prestice)
3. Tetapkan harga yang reasonable (wajar antara kualitas produk dengan harga yang ditetapkan)
4. Distribusikan tepat waktu
5. Promosi efektif

Nah sekarang coba terapkan kelima kiat tersebut pada apapun usaha Anda. Apakah Anda seorang karyawan kantor, penjual nasi uduk, agen pulsa, pemilik toko pracangan dan sebagainya. Luangkan waktu untuk analisis sedikit mendalam. Korek apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas pemasaran kita.

Sebagai karyawan kantor, sudahkah apa yang Anda lakukan memberi kontribusi berupa kemudahan pada karyawan lainnya? Sebagai penjual nasi uduk, sudahkan cita rasa dan pelayanan Anda memberi kepuasan selain rasa kenyang? Sebagai pemilik toko pracangan, sudahkah harga yang Anda tetapkan wajar sesuai pelayanan yang Anda berikan? Sebagai penjahit pakaian, sudahkah kita menyampaikan pesanan baju dan celana yang telah selesai tepat pada waktunya? Sebagai penjual pulsa, sudahkah kita berpromosi secara efektif sehingga pelanggan semakin bertambah?

Sobat, jangan dulu berpikir upaya yang muluk untuk itu semua… Lakukan hal yang sederhana namun berkesinambungan. Keep improve keep innovative… Insya Alloh usaha terus berjalan dan terus berkembang. Jangan lupa berdoa dan memperbanyak ibadah. Tingkatkan kualitas ibadah yang wajib dan terus jaga yang sunnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar