Rabu, 22 Agustus 2012

Membacalah

Gaya bicaranya sopan, santun, penuh perhatian, bijaksana serta berwawasan. Setidaknya berwawasan untuk jabatan yg ia emban. Dari banyak tipikal orang yg kutemui, ternyata sebagian besar orang yg berwawasan dan penuh kebijaksanaan seringkali gemar membaca buku. 

Saya sendiripun merasakan efek yg begitu hebat pada kepribadian saya manakala saya terus membaca buku. Membaca akan menambah wawasan sehingga memperluas cara pandang kita terhadap suatu hal. Dampaknya, kita mampu berpikir dan memecahkan masalah dg lebih tenang dan tidak tergesa-gesa mengambil keputusan dikarenakan kita telah mengetahui efek baik dan buruknya atas tiap keputusan yg kita ambil. 

Begitu banyak manfaat membaca, namun tentunya tidak bisa diperoleh dg sembarang membaca. Bacalah buku yg bermanfaat apapun itu jenisnya dan tentunya buku yg isinya tidak melanggar norma-norma syariat. Ibaratnya air, manakala ia diberikan doa dan ucapan yg baik maka tiap molekulnya akan menjadi indah dan baik sehingga bermanfaat bagi peminumnya. Sebaliknya, manakala air disebutkan padanya perkataan yg buruk, maka molekulnya pun tampak buruk dan memberikan dampak negatif bagi pemimumnya. 

Maka membacalah dan bersiaplah menjadi orang yg semakin bijak dan bermanfaat bagi sesama. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar